Kamis, 18 Februari 2010

Knalpot Balap Lokal Tak Kalah Pamor !




Mungkin, era 1990an Indonesia bisa dibilang terjajah dengan knalpot merek luar negeri. Daytona, YY Pang, dan banyak lagi knalpot brand asing menghiasi sepedamotor Indonesia. Untuk memilikinya, rekan bikers kudu merogoh kocek amat dalam. Uang jutaan dipergunakan sebagai mahar.

Akan tetapi seiring perkembangan jaman dan balap motor yang berkembang pesat membuat industri knalpot Indonesia bak cendawan di musim penghujan. Menjamur. Mulai dari industri rumahan hingga yang dikelola dengan professional. Perlahan namun pasti, knalpot asing sulit mendapatkan tempat di Indonesia.

Hal ini patut dimaklumi, mutu kurang lebih sama namun harga kompetitif, tampilan oke siapa yang tak melirik knalpot garapan anak bangsa ? Terlebih lagi, knalpot lokal merupakan hasil riset murni balap motor yang ada di Indonesia. Tentu mereka lebih tahu ketimbang merek asing.

Itu berlaku untuk sepedamotor jenis underbone (bebek) ataupun sport kapasitas kecil yang beredar di Indonesia. Bagaimana dengan motor berkapasitas besar ?

AHRS kembali membuktikan kemampuan riset yang mumpuni. PD dengan merek sendiri, memasang pada Suzuki GSX600 besutan Mohammad Fadli dari tim Suzuki IRC U-Mild AHRS. Menurut pengamatan kru MotMod yang berkesempatan hadir, nyaris peserta lain yang total 28 pembalap mempergunakan merek luar negeri. Sebut saja Yoshimura, Moriwaki, Akrapovic,dan lainnya.

Bagaimana hasilnya ? Kualifikasi sudah menjadi yang terdepan. Di race seri ke 5 ini Fadli menunjukan kelasnya dengan knalpot lokal. Bukan sekadar podium, tapi juara seri ! Luar biasa !

Waktu terbaiknya dibakukan 1:33.618 yang dicatat pada lap ke 4.

Knalpot racikan AHRS ini memang didedikasikan untuk Fadli belum dijual bebas. Tapi tak menutup kemungkinan, bila ada tim lain yang berminat maka AHRS bisa membuatnya. Sekadar informasi racing suit yang dikenakan para pembalap 90% merek lokal yaitu AHRS (Depok) dan Ardians (Jogjakarta). Bukti produk lokal memang sudah diakui, tak terkecuali pembalap berdarah Italia, Matteo Guerinoni acung jempol dengan produk AHRS.

Maju terus produk Indonesia ! ( Rindra P. )

Hasil balap Supersport seri 5, 19 Desember 2009

  1. M. Fadli (Suzuki IRC U-Mild AHRS)
  2. Hendriansyah (ASH U-Mild Motorsport)
  3. Sudarmono (Petronas Sprinta Yamaha Indonesia)
  4. M. Dwi Satria (ASH U-Mild Motorsport)
  5. Harlah Fadhillah (Petronas Sprinta Yamaha Indonesia)

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008